UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA DALAM PELAJARAN BAHASA INGGRIS DENGAN STRATEGI CHORAL READING MELALUI POWERPOINT 2019

  • Marsa Marsa Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 2 Majene
Keywords: Strategi, Reading, Choral, Power Point

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah: (1) untuk mengetahui penerapan strategi pembelajaran choral reading dengan variasi media pembelajaran power point dalam pembelajaran bahasa inggris; (2) untuk mengetahui efektivitas penerapan strategi pembelajaran choral reading dengan variasi media pembelajaran power point dalam pembelajaran bahasa inggris terhadap kemampuan membaca siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 2 siklus. Subyek dalam penelitian adalah peserta didik kelas XI jurusan Akuntansi yang berjumlah 32 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, dokumentasi, dan tes. Teknik analisis data dengan kualitatif yaitu dengan melakukan catatan refleksi, yakni pemikiran yang timbul pada saat mengamati dan merupakan hasil proses membandingkan, mengaitkan atau menghubungkan data yang ditampilkan dengan data sebelumnya. Hasil Penelitian Tindakan Kelas ini ada peningkatan dari kemampuan awal dibanding dengan siklus 1 yaitu siswa yang tuntas di siklus 1 berjumlah 18 siswa atau 64,28%. Dari hasil siklus ke 2 dapat dituliskan siswa yang sudah tuntas adalah 24 siswa dari 28 siswa atau 85,71%. Dari siklus 1 ke siklus 2 ada peningkatan 21,43%. Ini membuktikan bahwa penggunaan strategi pembelajaran choral reading melalui power point sangat efektif.

Published
2022-11-19
How to Cite
Marsa, M. (2022). UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA DALAM PELAJARAN BAHASA INGGRIS DENGAN STRATEGI CHORAL READING MELALUI POWERPOINT 2019. Jurnal Ilmiah Maju, 5(2), 32 - 36. Retrieved from http://ojs.balitbang.sulbarprov.go.id/index.php/maju/article/view/139