Meningkatkan Kompetensi Guru Melalui Supervisi Akademik yang Dilaksanakan Secara Terpadu Oleh Pengawas Mata Pelajaran di Kabupaten Mamuju Provinsi Sulawesi Barat

  • Maryam Maryam
Keywords: meningkat, kompetensi guru, supervisi akademik, terpadu.

Abstract

Best practice  ini menggambarkan bagaimana pelaksanaan supervisi akademik yang dilaksanakan secara terpadu oleh pengawas mata pelajaran dan apakah ada kaitannya dengan kinerja guru dalam pembelajaran. Pelaksanaan supervisi akademik dilaksanakan di 22 sekolah menengah atas baik negeri maupun swasta yang ada di Kabupaten Mamuju, Provinsi Sulawesi Barat. Tujuan pelaksanaan supervisi akademik secara terpadu oleh pengawas mata pelajaran ini antara lain: meningkatkan rasa percaya diri guru dalam menjalankan tugas dan tanggungjawab, meningkatkan kemampuan guru membuat perencanaan pelaksanaan pembelajaran, meningkatkan kemampuan guru melaksanakan pembelajaran dengan menggunakan metode pembelajaran yang tepat, meningkatkan kemampuan guru memilih model pembelajaran, meningkatkan kemampuan guru membuat dan melaksanakan penilaian sesuai dengan teknik dan prinsip penilaian. Hasilnya menunjukkan bahwa pelaksanaan supervisi terpadu yang telah diprogramkan sebelumnya lalu disosialisasikan kepada guru binaan melalui kepala sekolah mendapat tanggapan yang positif baik dari pihak guru maupun kepala sekolah serta meningkatkan kinerja guru.

Kata kunci: meningkat, kompetensi guru, supervisi akademik, terpadu.

Published
2019-11-04
How to Cite
Maryam, M. (2019). Meningkatkan Kompetensi Guru Melalui Supervisi Akademik yang Dilaksanakan Secara Terpadu Oleh Pengawas Mata Pelajaran di Kabupaten Mamuju Provinsi Sulawesi Barat. Jurnal Ilmiah Maju, 1(2), 15 - 23. Retrieved from http://ojs.balitbang.sulbarprov.go.id/index.php/maju/article/view/39