Pacaran dan Perilaku Seksual Remaja di Provinsi Sulawesi Barat (Analisis Data Survei Kinerja Akuntabilitas Program Remaja 2017)

  • Sukardi Sukardi
Keywords: Pacaran, Perilaku seksual, Remaja

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui berbagai keterangan tentang capaian program Kependudukan, KB dan Pembangunan Keluarga yang secara khusus tentang kesehatan reproduksi remaja, keluarga berencana, keterpaparan media, kependudukan, generasi berencana.

     Penelitian ini menggunakan data survei kinerja dan akuntabilitas program (SKAP) 2017. Khususnya data Provinsi Sulawesi Barat. Survei ini di kelola oleh Perwakilan BKKBN Provinsi Sulawesi Barat bekerjasama dengan Poltekkes Kemenkes Mamuju. Penarikan sampel yang digunakan adalah penarikan multi stage stratifikasi tiga tahap yakni pertama Memilih sejumlah desa/kelurahan secara PPS (Probability Proporsional Sampling) dengan size jumlah rumah tangga kedua Memilih satu klaster dari setiap desa/keluarahan terpilih secara PPS ketiga Memilih 35 rumah tangga dari hasil listing/pemutahiran rumah tangga di klaster terpilih.

Hasil penelitian ini adalah Jumlah responden remaja perempuan sebanyak 305 dan responden remaja laki-laki sebanyak 362 remaja, Umur pertama kali pacaran responden remaja perempuan dan laki-laki pada kelompok umur 15-17 tahun paling tinggi yakni masing-masing-50 persen dan 60 persen. Perilaku pacaran remaja di Provinsi Sulawesi Barat dengan cara berpegangan tangan paling banyak dipraktekkan sebanyak 74 persen, Hubungan seksual sebelum menikah bagi remaja perempuan sebesar 2.5 persen dan remaja laki-laki sebesar 6.8 persen di Provinsi Sulawesi Barat.

Kata kunci: Pacaran, Perilaku seksual, Remaja

Published
2019-11-04
How to Cite
Sukardi, S. (2019). Pacaran dan Perilaku Seksual Remaja di Provinsi Sulawesi Barat (Analisis Data Survei Kinerja Akuntabilitas Program Remaja 2017). Jurnal Ilmiah Maju, 1(2), 45 - 57. Retrieved from http://ojs.balitbang.sulbarprov.go.id/index.php/maju/article/view/42