STRATEGI PEMBERDAYAAN PENGOLAH ABON IKAN BERORIENTASI PASAR DI KECAMATAN MAMUJU KABUPATEN MAMUJU PROVINSI SULAWESI BARAT

  • Yasin Saleh
Keywords: Abon ikan, Mamuju, Perikanan

Abstract

Kompleksnya permasalahan yang dihadapi dalam pengembangan industri pengolahan hasil perikanan menuntut dilakukannya pemilihan prioritas komoditi, lokasi pengembangan dan pola olahan produk perikanan. Potensi sumber daya alam Provinsi Sulawesi Barat menjadi lengkap dengan didukung oleh posisi geografis provinsi ini yang sangat strategis, terletak di jantung Negara Kesatuan Republik Indonesia dan berhadapan langsung dengan jalur lintas kepulauan Indonesia (Selat Makassar). Tujuan dari penelitian ini, antara lain mengidentifikasi tingkat keberdayaan pengolah ikan yang berorientasi pasar di kecamatan Mamuju dilihat dari aspek ekonomi,mengkaji kelayakan usaha industri pengolahan abon ikan di kecamatan mamuju, mengkaji bagaimana persepsi/keinginan konsumen terhadap produk olahan ikan yang diminati pasar, merumuskan strategi pengembangan industri pengolah abon ikan. Usaha abon ikan layak secara finansial jangka pendek dengan R/C ratio selama setahun mencapai 1.442 yaitu lebih besar dari 1, Keuntungan mencapai Rp 26,807,505,-., rentebilitas dalam satu tahun yaitu 44.17%, BEP sales senilai Rp. 22,245,242.91, dan BEP unit yaitu 6244 unit. Usaha abon ikan layak secara finansial jangka panjang yaitu NPV >0/bernilai positiftiv, Net B/C>1 dan IRR> 12% dengan Payback period hanya 0,28 tahun. Usaha abon ikan berada pada kuadran 1 dan strategi pengembangan usaha abon ikan yaitu denganĀ  memanfaatkan kondisi sumber daya dengan baik dan memperluas daerah pemasaran abon ikan menjalin kerjasama yang menguntungkan dengan pihak supplier bahan baku dan pemasaran.

Published
2019-12-11
How to Cite
Saleh, Y. (2019). STRATEGI PEMBERDAYAAN PENGOLAH ABON IKAN BERORIENTASI PASAR DI KECAMATAN MAMUJU KABUPATEN MAMUJU PROVINSI SULAWESI BARAT. Jurnal Ilmiah Maju, 2(2), 42-57. Retrieved from http://ojs.balitbang.sulbarprov.go.id/index.php/maju/article/view/54