PENGARUH PENERAPAN KURIKULUM 2013 TERHADAP PROSES PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA KELAS XI DI SMK NEGERI 1 RANGAS MAMUJU

  • Jasriani Jasriani
Keywords: Kurikulum 2013, Proses Pembelajaran, Pendidikan Agama Islam

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk : 1) Mengetahui bagaimana proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK Negeri 1 Rangas Mamuju pada kelas XI dengan menggunakan Kurikulum 2013, 2) Mengetahui apakah dengan penerapan Kurikulum 2013 berpengaruh terhadap hasil belajar siswa di SMK Negeri 1 Rangas Mamuju. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 1 Rangas Mamuju dengan menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan teknik pengumpulan data melalui angket/kuestioner, observasi dan dokumentasi. Sampel penelitian adalah siswa kelas XI yang diacak secara random dari tujuh jurusan dengan jumlah 46 siswa atau 20 % dari jumlah populasi. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi sederhana. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) proses belajar mengajar Pendidikan Agama Islam dengan menggunakan Kurikulum 2013 di SMK Negeri 1 Rangas Mamuju senantiasa mengacuh pada petunjuk pelaksanaan penerapan Kurikulum 2013 yakni standar proses, 2) Pengaruh penerapan Kurikulum 2013 terhadap hasil belajar siswa sebesar 0,746 yang berarti hubungannya kuat dan hubungan tersebut menggambarkan secara linear positif. Uji parsial (t) terhadap variabel menunjukkan hubungan signifikan.

Published
2019-12-11
How to Cite
Jasriani, J. (2019). PENGARUH PENERAPAN KURIKULUM 2013 TERHADAP PROSES PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA KELAS XI DI SMK NEGERI 1 RANGAS MAMUJU. Jurnal Ilmiah Maju, 2(2), 66-74. Retrieved from http://ojs.balitbang.sulbarprov.go.id/index.php/maju/article/view/56