ANALISIS PEMASARAN CABAI RAWIT MERAH DI PASAR TERDISIONAL DI DESA TARAILU KECAMATAN SAMPAGA KABUPATEN MAMUJU

  • Muhammad Sabir Laba Universitas Tomakaka Mamuju
  • Ahmad Ahmad Universitas Tomakaka Mamuju
Keywords: Cabe rawit merah efesiensi pemasaran, dan saluran pemasan

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis efisiensi pemasaran cabai rawit merah di pasar tradisional Desa Tarailu, Kabupaten Mamuju. Kegunaan dari penelitian ini adalah Adanya upaya untuk peningkatan pendapatan usaha tani cabai rawit khususnya petani. Pengambilan sampel dalam penelitian ini yaitu 7 orang pedagang Perantara, 1 orang pedagang Pengumpul dan, 5 orang pedagang pengecer. Jumlah sampel petani pada lokasi penelitian bersifat relative, tergantung pada heterogenitas populasi. Data dari lembaga pemasaran dalam hal ini pedagang perantara merupakan informasi awal yang digunakan sebagai patokan untuk menelusuri petani cabe rawit merah yang terlibat dalam pemasaran. Hasil penelitian bahwa keuntungan  yang diterima petani cabe rawit merah di pasar tradisional Tarailu dari saluran pemasaran I adalah sebesar Rp.8.400,-/Kg  atau share margin 33,6%, dengan penjualan langsung kepada pedagang pengepul sebesar Rp.17.000/Kg. Sementara keuntungan pada saluran pemasaran II sebesar Rp.6.400/Kg dengan share margin 27,33% yang dijual pada pedagang Perantara  dengan harga Rp.15.000,-/Kg. Rendahnya harga tersebut disebabkan karena petani terlebih dahulu mengambil sarana produksi seperti pupuk dan uang untuk keperluan rumah tangga petani. Dari hasil perhitungan saluran pemasaran I lebih efisien dibanding Saluran pemasaran II ini dapat dilihat bahwa nilai Ec untuk Saluran Pemasaran I sebesar 4,4% sedangkan saluran pemasaran II nilai 3,7%.

Published
2020-12-26
How to Cite
Laba, M., & Ahmad, A. (2020). ANALISIS PEMASARAN CABAI RAWIT MERAH DI PASAR TERDISIONAL DI DESA TARAILU KECAMATAN SAMPAGA KABUPATEN MAMUJU. Jurnal Ilmiah Maju, 3(2), 9-16. Retrieved from http://ojs.balitbang.sulbarprov.go.id/index.php/maju/article/view/77