PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN PKN MATERI PANCASILA SEBAGAI DASAR NEGARA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH DI KELAS VI.B SD INPRES BINANGA II KECAMATAN MAMUJU KABUPATEN MAMUJU TAHUN PELAJARAN 2016/2017

  • Badaru Pabahari
  • Mustamin Mustamin
Keywords: Kualitas Pembelajaran PKn, Kooperatif Make a Match.

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi pentingnya guru dalam mengelola pembelajaran PKn yang bermakna sehingga siswa akanmemiliki pengalaman belajar yang mengesankan. Pengalaman yang diperoleh siswa akan semakin berkesan jika siswa dalam belajar dapat menemukan sendiri.Penelitian ini bertujuan untuk: (1) meningkatkan aktivitas siswa dalam pembelajaran PKn, (2) meningkatkan hasil belajar PKn.Penelitian ini dilaksanakan pada siswa kelas VI.B SD Inpres Binanga II dengan jumlah siswa 20 orang. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan 3 siklus, masing- masing siklus terdiri dari kegiatan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan angket.Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui model pembelajaran kooperatif tipe make a match terbukti efektif dapat meningkatkan aktivitas danhasil belajar siswa. Peningkatan itu ditandai dari ketercapaian indikator keberhasilan.Peningkatan aktivitas siswa dari siklus I sebesar 32,4, siklus sebesar II 42,7, dan siklus sebesar III 66,5. Peningkatan hasil belajar pada siklus I rata-rata kelas sebesar 63,00, siklus II rata-rata kelas sebesar 73,25, dan siklus III 7 sebesar 9,00.

Kata kunci: Kualitas Pembelajaran PKn, Kooperatif Make a Match. 

Published
2019-10-31
How to Cite
Pabahari, B., & Mustamin, M. (2019). PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN PKN MATERI PANCASILA SEBAGAI DASAR NEGARA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH DI KELAS VI.B SD INPRES BINANGA II KECAMATAN MAMUJU KABUPATEN MAMUJU TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Jurnal Ilmiah Maju, 2(1), 11-18. Retrieved from https://ojs.balitbang.sulbarprov.go.id/index.php/maju/article/view/34